fLWeAsNtTDyJ8LBwFzvbLJXLfZMxZVmQ7RFnAnMp
Merancang Penguncian Enkripsi dan Dekripsi - Ketika DMCA melindungi konten-konten anda di website atau blogger anda, maka dengan enkripsi mampu melindungi tansaksi perbankan, email juga data penting anda dari peretas biadab. Seperti kita ketahui bahwa seorang penjahat online dalam skema enkripsi algoritma matematika mampu mengacak-ngacak informasi text kedalam chipertext.

Merancang Penguncian Enkripsi dan Dekripsi

Sebelum melanjutkan pada bahasan inti, sebaiknya anda baca dulu postingan sebelumnya mengenai Apa itu yang disebut Enkripsi dan DekripsiKita lanjutkan.......>>>

Untuk menjaga kemungkinan tersebut diatas maka kita akan gambarkan cara merancang sistem penguncian cerdas enkripsi. Dalam sistem ini masing-masing pengguna memiliki dua kunci, pengguna mengirimkan salah-satu kuncinya ke pusat distribusi kunci. Ini artinya kunci tersebut tersedia untuk umum (kunci publik). Meskipun demikian tidak akan ada yang membagikan kunci yang lain, kunci ini bersifat pribadi untuk setiap pengguna.

Bagian yang paling menarik dari sistem baru ini adalah penguncinya. Penguncinya dapat ditutup dengan kunci publik apapun, tetapi kunci yang sama tidak dapat membuka sang pengunci. Untuk membukanya anda harus menggunakan kunci pribadi yang sesuai. Tidak ada kunci pribadi pengguna lain atau kunci publik yang lain yang bisa membuka kunci ini. Dengan sistem ini maka transfer data menjadi sangat aman.

Di gambar sampul artikel ini saya punya dua orang yaitu Alice dan Bob. Jika Alice mau mengirim kotak pada Bob. Maka Alice meminta kunci publik Bob.pada Pusat Distribusi Kunci (katakanlah PDC). PDC membagikan kunci publik pada Alice sehingga Alice bisa mengunci kotak ini. Setelah kotak ini dikirimkan hanya Bob yang bisa membuka kuncinya karena Bob-lah yang memiliki kunci pribadi. Sistem ini sangat aman karena Bob belum membagikan kunci pribadinya kepada siapapun.

Digital Hello

Di dunia digital kita pun bisa membangun sistem yang sama dengan gambaran kotak koper tadi diatas. Disini pesan "HELLO" tadi dienkripsi dengan kunci publik Bob dan dikirim. Hanya kunci pribadi Bob yang dapat mendekripsi kembali dan hanya Bob yang dapat melakukannya.

Sekarang mari kita lihat satu properti khusus yang ada pada pengunci baru. Kita sudah melihat bahwa pengunci ditutup dengan kunci publik dan hanya bisa dibuka dengan kunci pribadi yang sesuai. Pertanyaannya..., bisakah dua kunci ini memiliki bentuk acak? Kalaupun bentuk kunci ini ada dipastikan tidak akan bisa berbentuk acak.

Next ..>>> Contoh Algoritma Enkripsi
Related Posts
Endang Aep Saefulah
Radio and Electronics it's my life

Related Posts

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Baca lebih lanjut tentang Comment Policy
Buka Komentar