fLWeAsNtTDyJ8LBwFzvbLJXLfZMxZVmQ7RFnAnMp
Ragam Jenis Ikan Koi Terbaik Untuk Dibudidayakan - Ketika kita berniat budidaya ikan koi maka otomatis kita harus mengetahui Jenis Ikan Koi Terbaik agar segala upaya menyiasati #stay at home dimasa pandemi corona 2020 yang tentunya bisa menghasilkan uang tidak sia-sia. Koi adalah jenis ikan air tawar yang banyak disukai oleh para penggemar ikan.
Ragam Jenis Ikan Koi Terbaik Untuk Dibudidayakan
Langkah Mudah Budidaya Ternak Ikan Koi untuk pemula telah saya kupas di postingan terdahulu. Silahkan anda buka artikel Panduan Teknis Budidaya Ikan Koi. Ada banyak ragam jenis ikan koi terbaik untuk kita budidayakan. Untuk pecinta ikan koi pemula tentunya belum kenal cara mengetahui jenis ikan terbaik untuk dipelihara atau dibudidayakan. Hal ini karena keanekaragaman ikan koi dengan segala kekurangan dan kelebihannnya membuat kita bingung.

Menurut kepercayaan masyarakat Jepang, ikan koi merupakan simbol persahabatan dan cinta. Selain itu masyarakat negeri Sakura yang memelihara ikan koi ini mempercayai bahwa ikan koi bisa mendatangkan hoky atau keberuntungan kepada pemiliknya. Sehingga banyak pemilik ikan koi disana berlomba-lomba untuk mempersiapkan kolam terbaik untuk ikan koi terbaiknya.

Cara Mengetahui Jenis Ikan Koi Terbaik Untuk Dibudidayakan

Ikan Koi adalah ikan masuk pada jenis ikan carper, dipelihara karena ikan koi ini sangat unik dan lucu dan indah untuk dilihat. Corak warna dan motif yang dimiliki ikan koi pada umumnya hampi sama dengan ikan mas. Namun ikan koi mempunyai motif dan warna sangat mencolok dan beraneka ragam. Tak heran bila ikan koi ini kita bedakan jenisnya dari pola warna yang ia punyai. Berikut dibawah ini adalah Jenis Ikan Koi.

1. Kohaku
Kohaku adalah koi hias tertua bila dibandingkan dengan jenis ikan koi lainnya. Kohaku biasanya memiliki tubuh berwarna putih, dengan corak merah di seluruh tubuh. Ada beberapa jenis yang termasuk pada spesies Kohaku yakni Tancho Kohaku Maruten Kohaku dan Gin Rin Kohaku. Kohaku masuk pada tiga besar koi gosanke yang terdiri dari Koi Kohaku, Koi Sanke, dan Koi Showa. Jenis Koi Kohaku diyakini sebagai salah satu varietas ikan mas hias pertama yang dikembangkan.
Kohaku Koi
2. Taisho Sanke
Sama seperti ikan Kohaku, jenis Taisho Sanke ini adalah koi yang memiliki warna dasar tubuh putih yang solid. Bila kita lihat sekilas maka akan susah membedakan mana Kohaku yang mana Taisho Sanke. Bedanya jenis Ikan Koi Taisho Sanke ini terletak pada pola warna merah yang dikombinasi dengan warna hitam.
Taisho Sanke
3. Showa Sanshoku
Ikan yang akrab dengan panggilan pendek Showa ini agak mirip dengan Sanke. Hanya Showa memiliki perbedaan pola warna hitam yang menyebar diseluruh tubuhnya. Sedangkan pada ikan koi Sanke hanya terdapat dibagian tubuh atasnya saja. Pola hitam pada Ikan Koi Showa ini terdapat juga pada bagian kepalanya.
Showa Sanshoku
4. Asagi
Koi Asagi adalah jenis ikan yang berasal asli dari Jepang yang mempunyai pola biru pada bagian belakang tubuhnya. Dan kombinasi merah orange pada bagian sirip dan perutnya. Jenis koi terbaik pada jenis koi asagi adalah koi yang memiliki pola merah diatas garis lateral, pola merah ini tidak memanjang.

5. Shusui
Koi Shusui adalah keturunan dari jenis Koi Asagi yang punya perbedaan warna sisik dasar serta punya kekhasan tersendiri. Ikan tipe baru hasil perkawinan silang Ikan karper kaca dan Asagi ini memiliki kulit yang halus, serta warna gelap di punggung,perut, ujung hidung dan lipatan sirip. Adanya sisik sisik yang teratur memanjang di punggungnya membuat Ikan Shusui terlihat sangat cantik.

6. Tancho
Tancho adalah jenis ikan koi yang masuk pada keluarga Kohaku. Ikan Tancho ini begitu populer dalam kelompok spesies ini. Ada begitu banyak legenda di masyarakat Jepang atas ikan Tancho ini. Ciri mendasar ikan Tancho ada pada bagian kepalanya ada titik merah yang mirip gambar bendera Jepang yang tidak akan bisa kita jumpai pada ikan koi lainnya.
Baca Juga
Endang Aep Saefulah
Radio and Electronics it's my life
SHARE

Related Posts

Comment Policy :

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan pada halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Baca lebih lanjut tentang ... Comment Policy

Buka Komentar

Post a comment

#Lawan_Covid-19

Sticky Ads