fLWeAsNtTDyJ8LBwFzvbLJXLfZMxZVmQ7RFnAnMp
SCTV Migrasi ke Satelit Telkom 4 108.0°E - Cara Tracking SCTV baru - Lahir postingan ini berawal dari ketidaksengajaan saya melihat/membaca "Marquee SCTV". Text berjalan dibawah layar SCTV tsb. yang berbunyi "Penerimaan siaran kami di satelite Palapa D akan berakhir pada 30 Juni 2020....dst". Meskipun saya lihat kabar ini di vidio.com. Namun di ruang bawah, istri dan anak saya penikmat siaran satelit Palapa D dari receiver. Otomatis saya harus tracking Satelit Telkom 4 sekarang.

SCTV Migrasi ke Satelit Telkom 4 108.0°E

Betul saja Guys, tidak hanya SCTV yang migrasi ke Satelit Telkom 4 namun beberapa siaran tv nasional juga sudah bermunculan di satellite ini. Silahkan agan cek di //www.lyngsat.com/Telkom-4.html. Rupanya satelit Palapa D sudah memasuki usia pensiun, bayangkan saja beroperasi sudah 15 tahun, kini saatnya diganti dengan satelit baru yang lebih fresh.

Satelit Telkom 4 atau kita sebut juga dengan Satelit Merah Putih adalah satelit kepunyaan bangsa Indonesia dibawah naungan PT Telekomunikasi Indonesia yang diorbitkan pada tanggal 17 Agustus 2018 silam. Orbit dari satelit Telkom 4 sama dengan satelit Telkom 1 yaitu pada 108.0°E.

Saya intip sekarang ternyata di Telkom 4 ini sudah ada SCTV, Indosiar, Trans TV atau Trans 7, CNN, ANTV, TVRI dan channel-chanel lainnya. Sumua channel yang ada Telkom 4 ini adalah FTA (free to air) alias gratis yang bisa kita tracking dengan parabola biasa atau parabola kecil 90 Cm.

Cara Tracking Satelit Telkom 4 108.0°E

Cara Tracking Satelit Telkom 4 108.0°E

Mungkin pada kebanyakan reciever untuk Satelit Telkom 4 ini belum ada pada daftar satelit, anda bisa membuatnya sendiri dengan memasukan nama satelit telkom 4 ini pada garis bujur 108.0°E. Prosedur ini harus anda lakukan agar gampang kita mengelempokan satelit juga chanel-chanelnya.

Untuk langkah awal sebelum memegang dish atau parabolanya, kita harus memasukan Frekuensi juga Simbol Rate (SR) pada Daftar Satelit yang sudah kita bikin tadi. Katakanlah untuk signal terbesar/terkuat satelit terkom 4 CBand adalah SCTV Mpeg2. Kita masukan Frekuensi dan Simbol Rate SCTV Mpeg2 ini yakni Frekuensi 4005 Polaritas H dan SR 9000. Bisa juga dengan menyimpan frekuensi 4121 Pol H Simbor Rate 12250 untuk Mpeg4-nya, lalu simpan.

Untuk parabola biasa dengan 1 LNB nampaknya tak akan mengalami kendala berarti dalam melakukan Tracking Telkom 4 ini. Apalagi kemarin-kemarin/sebelumnya arah parabola kita mengarah pada Palapa D 113.0°E. Cukup dengan mengarahkan posisi barat - timur saja hingga mencapai posisi 108.0°E. Untuk memastikan bisa sambil melihat kualitas signal pada receiver kita. Banyak dan tidaknya chanel televisi yang kita dapat bisa tergantung dari kemampuan Blind Scan receiver kita.

Tracking Telkom 4

Selamat Tracking !
Related Posts
Endang Aep Saefulah
Radio and Electronics it's my life

Related Posts

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Baca lebih lanjut tentang Comment Policy
Buka Komentar