-->
fLWeAsNtTDyJ8LBwFzvbLJXLfZMxZVmQ7RFnAnMp
Sekilas Mengenai Gelombang Radio - Ada salah-satu teman saya di media sosial yang saking "lebay-nya" dia mengatakan "Akibat deraan gelombang kehidupan yang beragam membuat kita lebih dewasa". Saya terjemahkan mungkin gelombang kehidupan yang dia maksud adalah "riak kehidupan". Simplenya bila kita umpamakan Gelombang ini adalah ombak dilautan. Air yang berjalan akibat tiupan angin, membawa riak dari tengah lautan hingga sampai ke bibir pantai.

Sekilas Mengenai Gelombang Radio

Gambaran alinea diatas adalah kesengajaan saya untuk menggiring pemirsa pada ilustrasi Gelombang Radio atau Radio Waves. Yang pada tujuan akhir dari artikel ini kita mampu memahami apa itu yang disebut Gelombang Radio. Sebelumya pada tulisan saya terdahulu sudah dijelaskan mengenai Radio Broadcasting Service, jelas ada keterkaitan dengan garapan kita sekarang ini yakni bahasan Gelombang Radio.

Artian secara umum Gelombang adalah getaran yang merambat. Bentuk ideal dari suatu gelombang akan mengikuti gerak sinusoide. Selain radiasi elektromagnetik, juga radiasi gravitasional, yang bisa berjalan lewat ruang hampa udara.

Gelombang juga terdapat pada medium (yang karena perubahan bentuk dapat menghasilkan gaya pegas), dimana mereka dapat berjalan dan dapat memindahkan energi dari satu tempat ke tempat lain tanpa mengakibatkan partikel medium berpindah secara permanen; yaitu tidak ada perpindahan secara massal.

Gelombang Radio RF

Gelombang Radio adalah bagian dari gelombang elektromagnetik yang mempunyai frekuensi paling rendah. Bahasan tentang Radio Waves ini akan bersinggungan dengan sinyal frekuensi radio atau RF. Gelombang radio telah digunakan umat manusia sejak 100 tahun tahun lalu, dimana mereka bisa mengirimkan berbagai informasi lewat transmisi nirkabel berbentuk ketukan morse (kode morse).

Yang kemudian seiring dengan kemajuan zaman lahir juga transmisi audio dan gambar yakni untuk radio dan televisi. Teknologi wireless, bluetooth, ponsel, remote control dan lain sebagainya,  mereka semua adalah pengguna RF atau gelombang radio.

Lalu apa itu RF dan bagaimana cara kerja sinyal Frekuensi Radio ?

Radio Frekuensi (RF) terdiri dari gelombang elektromagnetik dan gelombang listrik. Kedua gelombang ini secara intensitas bervariasi dari aktu ke waktu. Dengan kata lain ia mampu membentuk dua gelombang terpisah dan dalam waktu yang bersamaan sekaligus juga ia bisa tegak lurus.
Artikel Terkait
Endang Aep Saefulah
Radio and Electronics it's my life

Related Posts

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Baca lebih lanjut tentang Comment Policy
Buka Komentar

Post a comment