-->
fLWeAsNtTDyJ8LBwFzvbLJXLfZMxZVmQ7RFnAnMp
Sedikit kesalahan membuat fatal perangkat, begitulah penyesalan yang datang terakhir. Sebuah radio All Band kebanggan Icom IC-718 jebol finalnya karena balun antena yang saya buat sendiri terlepas dari dudukan konektor kabelnya. Padahal sesungguhnya radio ini menjadi kebanggaan saya ketika jalur 11 meter band-nya mampu membawa saya terbang "berkeliaran diudara" pada daerah hampir seluruh kawasan Indonesia, meskipun harus sedikit rajin mengintip propagasi udara.

Setting dan Pengaturan Radio Icom IC-718 HF All Band
Gambar Ilustrsi Google

Setting dan Pengaturan Radio Icom IC-718 HF All Band ini sebetulnya hanya sebuah catatan kecil ketika saya teringat pada yang telah tiada terbang ke Semarang berpindah tangan (radio laku terjual). Dan yang pasti bersamaan dengan tulisan ini lahir, timbul juga hasrat untuk memilikinya lagi radio sejenis yang bisa beroperasi di All Band. Daripada isinya hanya sekedar curhat admin, alangkah baiknya kita sisipkan point untuk mengenal lebih dekat lagi dengan Radio All band Icom IC-718 berikut cara setting radionya.

Seperti kta ketahui bahwa Icom IC-718 ini mempunyai power output standar 100 Watt. Dengan daya 100 Watt tadi komunikasi dari Serui ke Cirebon, Bekasi (Jawa Barat) bisa lancar hanya dengan menggunakan antena bikinan sendiri. Menurut saya radio ini cukup bagus karena fitur yang tersedia bisa dikatakan cukup komplit. Navigasi pesawat dengan layar LCD yang lebar membuat kita leluasa membaca fitur-fitur yang ada.

Satu yang saya suka dari radio All Band Icom 718 ini yakni ketika kita memilih mode on SWR ketika melakukan komunikasi (transmit). SWR internal radio akan menampilkan nilai dilayar monitor (LCD). Adanya fasilitas pembacaan SWR pada lcd tsb.membuat kita selalu merasa aman dalam penggunaannya (keculi kecerobohan saya diatas).

Kontrol Radio Icom Ic-718 beserta Fungsinya
Radio Icom IC-718 ini memang dirancang untuk keperluan berkomunikasi, namun bila kita tidak mengetahui fitur (panel kontrol) yang tersedia untuk apa saja, sama saja dengan seorang yang buta mata berjalan tanpa tongkat. Setidaknya untuk kelas teknisi newbie seperti saya bila tetangga kita minta bantuan untuk menyeting radionya, kita pun sudah sigap karena tahu fungsi kontrol panel yang ada pada radionya.

Sama dengan kebanyakan radio, namun pada radio Icom 718 ini untuk menyalakan radio diberi tombol power yang cukup besar, sehingga suport dengan jari-jari tangan yang besar seperti kepunyaan jari-jari tangan saya. Tombol tuning radio yang merupakan fitur dasar, juga cukup empuk untuk diputar menacri gelombang secara manual/mengontrol frekuensi variable (Variable Frequency Oscillator).
Kontrol Radio Icom Ic-718 beserta Fungsinya
Dengan Tombol MODE kita bisa memilih kondisi transceiver pada berbagai mode modulasi LSB, SSB dan USB baik itu CW, RTTY ataupun AM. Mic Gain kita bisa merubahnya atau menyesuaikan pengaturan dengan tombol SET, penyetelan ke level tertinggi berarti semakin sensitip suara kita yang dikirimkan ke lawan bicara.

Disamping tombol power terdapat tombol AF/- RF SQL juga tombol RIT - SHIFT, ditambah tombol Lock yang posisinya sejajar dengan tombol-tombo tsb.

Next >>> ...... Setting dan Pengaturan Radio Icom IC-718 HF All Band Bagian ke-2
Artikel Terkait
Endang Aep Saefulah
Radio and Electronics it's my life

Related Posts

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Baca lebih lanjut tentang Comment Policy
Buka Komentar