-->
fLWeAsNtTDyJ8LBwFzvbLJXLfZMxZVmQ7RFnAnMp
Salah juga ketika kita punya kesenangan terhadap ikan hias tanpa memperhatikan kelangsungan hidupnya. Semacam pompa air dan erator mengandalkan tenaga listrik yang dipasok PLN. Bagaimana kalau mati lampu? Pengalaman minggu kemarin di kotaku ada pemadaman listrik selama 5 jam karena PLN melakukan perbaikan jaringan ke arah wilayah tempat tinggal saya. Selama itu pasokan oksigen ke kolam berkurang dan air tidak mengalir lewat filter kolam.
Apa itu Sel Surya dan Bagaimana Cara Kerjanya?
Budidaya Ikan Koi terganjal karena listrik (mati lampu). Dari Ragam Jenis Ikan Koi yang saya pelihara tentunya ada yng pingsan hingga sampai mati. Dari pengalaman ini saya berinisiatif untuk mengadakan tenaga listrik alternatif yakni memanfaatkan tenaga surya. Meski sudah ada accu dan inverter namun Sel Surya atau Solar Cell (solar panel) harus pesan dulu dari Jawa. Dua minggu berselang 2 lembar Sel Surya yang saya pesan datang.

Apa itu Sel Surya dan bagaimana cara kerjanya?

Ya Gan, mari kita mengenal lebih dekat dengan Sel Surya, agar kita dapat gambaran yang jelas tentangnya. Akhir-akhir ini terutama di daerah saya Serui pertumbuhan penggunaan tenaga surya untuk alternatif listrik telah tumbuh secara signifikan. Tetangga saja meski tidak memelihara Ikan Koi menggunakan Sel Surya, kontribusi beliau untuk "menghijaukan dunia" memang patut diacungi jempol.

Lalu bagaimana Sel Surya atau Sel Photovoltaic  bisa menghasilkan listrik ?

Indonesia sendiri sebagai negara tropis mempunyai sorotan matahari sepanjang tahun. Energi dari matahari seperti kita ketahui adalah energi yang paling berlimpah dan bisa didapat secara cuma-cuma di planet bumi ini. Untuk mendayagunakan energi matahari ini kita perlu bantuan dari unsur paling berlimpah kedua di bumi yaitu pasir. Pasir ini akan kita ubah menjadi 99,999% kristal silikon murni untuk digunakan dalam Sel Surya.

Untuk mencapai hal ini pasir harus melalui proses pemurnian. Slikon mentah akan diubah menjadi bentuk senyawa silikon gas dan kemudian dicampur dengan hidrogen untuk mendapatkan Silikon Polikristalin yang sangat murni. Silikon ini akan diubah kembali menjadi irisan yang sangat tipis yang kita sebut dengan wafer silikon. Wafer silikon adalah jantung dari Sel Photovoltaic.

Pada saat kita menganalisis atom silikon, maka akan terlihat atom-atom ini saling terikat. Ketika kita terikat dengan seseorang maka dipastikan bahwa kita akan kehilangan kebebasan kita. Demikian pula elektron dalam struktur silikon yang juga tidak memiliki kebebasan bergerak.

Ketika terkena cahaya, elektron akan mendapatkan Energi Foton dan akan bebas bergerak. Namun gerakan elektron ini bersipat acak dan tidak menghasilkan arus melalui muatan. Untuk membuat aliran elektron searah dibutuhkan kekuatan pendorong. Cara paling mudan dan cukup praktis untuk menghasilkan kekuatan pendorong adalah dengan P-N Juntion.

- Selanjutnya bersambung ke bagian ke-2 .... >>>
Artikel Terkait
Endang Aep Saefulah
Radio and Electronics it's my life

Related Posts

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Baca lebih lanjut tentang Comment Policy
Buka Komentar

Post a comment