-->
fLWeAsNtTDyJ8LBwFzvbLJXLfZMxZVmQ7RFnAnMp
Apa Yang Anda Ketahui Tentang Rem Sepeda Motor - Jauh ya bila dari Elektronika ke dunia otomotif, apalagi masalah Rem Motor yang hubungannya dengan teknik elektronika hanya sebatas lampu rem-nya saja. Namun bukan tanpa alasan bila blog Rapi Serui membahas seputar dunia otomotif ini terutama bahasan Sepeda Motor, karena pada artikel sebelumnya kita telah sedikit membahas seputar Fakta dan Mitos Sepeda Motor.

Apa Yang Anda Ketahui Tentang Rem Sepeda Motor Anda

Rem adalah salah satu komponen yang punya peranan sangat penting pada kendaraan/sepeda motor anda. Bayangkan saja, bila sepeda motor yang anda tunggangi tanpa rem?! Seperti kita ketahui bahwa saat ini sepeda motor dan kendaraan lainnya dilengkapi dengan sistem pengereman yang sangat efisien, sehingga motor atau mobil anda bisa berhenti dalam sepersekian detik dalam keadaan darurat.

Kita sang pengendara hanya tinggal menarik tuas rem yang akan mengkompresi minyak rem melalui selang sehingga bisa menekan bantalan rem ke cakram. Sistem pengereman efisien ini telah dikembangkan selama lima dekade terakhir dalam penelitian dan pengalaman praktis di lapangan. Efisien karena hanya dengan daya kecil dari tangan kita pada tuas REM mampu menghentikan laju sepeda motor kita.

Pada Rem Cakram ini para mekanik menggunakan hukum pascal, ketika kita menggerakan tuas rem maka piston kecil juga bergerak. Pinston ini diisi minyak sehingga minyak terkompresi untuk menggerakan piston besar yang ada pada pada bantalan rem. Menurut hukum pascal tekanan pada kedua piston ini harus sama. Ini artinya bahwa gaya yang diterapkan pada ujung tuas akan dikalikan berlipat-lipat pada ujung bantalan rem karena perbedaan area piston.

Next .... >>> Cara Kerja Rem Cakram Pada Sepeda Motor Anda
Artikel Terkait
Endang Aep Saefulah
Radio and Electronics it's my life

Related Posts

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Baca lebih lanjut tentang Comment Policy
Buka Komentar

Post a comment