-->
fLWeAsNtTDyJ8LBwFzvbLJXLfZMxZVmQ7RFnAnMp
Bangga Menjadi Anggota RAPI (Radio Antar Penduduk Indonesia) - Hanya tulisan Lepas yang saya harap bisa menjadi inspiratif buat kita semua ketika bergabung di Organisasi RAPI punya kebanggaan yang mendalam. Kita lihat Struktur Kepengurusan yang RAPI-H hingga tugas anggota dan peran di masyarakat yang sangat nyata membuat kita bangga menjadi anggota RAPI.
Bangga Menjadi Anggota RAPI Radio Antar Penduduk Indonesia
Ilustrasi Gambar : didapat dari Google

Darah warisan dari kampung yang mengalir di tubuh ini memang sudah didasari Radio Komunikasi, maka ketika kita merantau di "negeri orang" yang dicari adalah lahan yang bisa menampung "darah" yang ada ini. Pada awalnya terasa malu-malu untuk bergabung pada keanggotaan RAPI, hanya mengintip dengar ketika mereka lagi berkomunikasi. Dengan penantian yang panjang, pada tahun 2016 silam saya sah bergabung di RAPI Wilayah 08 Yapen Serui dengan menyandang nama panggil JZ27KRN.

Taat peraturan juga patuh pada perundang-undangan yang berlaku di Indonesia. Ingat bahwa setiap warga negara Indonesia yang memiliki radio komunikasi hukumnya "wajib terdaftar". Tidak serta merta kita bebas menggunakan udara untuk berkomunikasi karena air dan udara penggunaannya diatur oleh negara.

Silahkan anda yang mencintai Radio Komunikasi ini untuk mengurus izin penggunaan frekuensinya. Selain manfaat diatas, sungguh banyak aspek menguntungkan yang bisa kita dapat ketika kita sudah bisa berkomunikasi atau bergabung pada keanggotan RAPI ini, silaturahmi sesama anggota salah-satunya. Betapa penting menyambung silaturahmi. keutamaan dan hikmahnya Insya Allah bisa kita rasakan sendiri secara "langsung".

Tak bisa kita sangkal bahwa komunikasi adalah suatu hal dasar aktivitas manusia. Dengan berkomunikasi kita bisa saling berhubungan, seperti aktivitas di tempat kerja, di pasar, di kantor ataupun dalam rumah tangga. Rasanya tak ada manusia dibelahan dunia ini yang tidak akan terlibat dalam berkomunikasi, kecuali orang yang lagi bertapa digunung.

RAPI (Radio Komunikasi Antar Penduduk) adalah wadah bagi para pecinta komunikasi lewat radio yang dihimpun pada suatu organisasi kemasyarakatan dibawah naungan Kementrian Komunikasi dan Informatika. Seperti kita ketahui bahwa keberadaannya sudah diakui dan dilindungi oleh Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika.

Peran RAPI di masyarakat seringkali kita lihat dalam hal membantu program sosial pemerintah. Sperti masa pandemi Covid-19 tahun ini mereka begitu aktif dalam Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19. Banyak peranan RAPI dalam kegiatan sosial kemasyarkatan yang memang sudah diakui oleh masyakat Indonesia ini.
Artikel Terkait
Endang Aep Saefulah
Radio and Electronics it's my life

Related Posts

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Baca lebih lanjut tentang Comment Policy
Buka Komentar

Post a comment