-->
fLWeAsNtTDyJ8LBwFzvbLJXLfZMxZVmQ7RFnAnMp
Belajar Teori Dasar Mosfet dan Cara Kerjanya - Bahan dasar Transistor Mosfet atau Metal Oxide Semiconductor Field Effect Transistor pada umumnya sama dengan transistor konvensional lainnya yakni dari bahan silicon (semikonduktor). Namun transistor jenis Mosfet ini dibuat dengan tingkat konsentrasi ketidakmurnian tertentu. Artinya tingkat ini yang nantinya akan menentukan jenis Mosfet ini. Apakah itu menjadi Mosfet tipe-N (NMOS) atau jadi mosfet tipe-P(PMOS).

Belajar Teori Dasar Mosfet dan Cara Kerjanya

Bahan silicon digunakan sebagai landasan (substrat) dari penguras (drain), sumber (source), dan gerbang (gate). Selanjutnya transistor dibuat sedemikian rupa agar antara substrat dan gerbangnya dibatasi oleh oksida silikon yang sangat tipis. Oksida ini diendapkan di atas sisi kiri dari kanal, sehingga transistor MOSFET akan mempunyai kelebihan dibanding dengan transistor BJT (Bipolar Junction Transistor), yaitu menghasilkan disipasi daya yang rendah.

Pada masa lampau sekitar tahun 1949 sebuah komputer memerlukan waktu 70 jam untuk menentukan nilai p pada 237 digit. Kini smatphone yang ada pada tangan anda mampu melakukan tugas yang sama hanya dengan waktu yang sangat singkat yakni 0,55 detik. Pertumbuhan kecepatan ini bisa terjadi karena adanya perangkat kecil yang disebut Mosfet.

Cara Kerja Mosfet

Mosfet adalah saklar yang digerakan secara elektrik yang membiarkan dan mencegah aliran arus tanpa bagian mekanis yang bergerak. Pada alinea pertama diatas disebutkan bahwa Mosfet terbuat dari bahan semikonduktor. Semikonduktor ini mempunyai konduktiitas listrik yang sangat rendah. Namun ketika kita menyuntikan inviurity pada bahan semikonduktor ini, konduktivitasnya akan otomatis meningkat tajam. Prosedur menyuntikan inviurity ini disebut doping. Pahami lebih lanjut prosedur ini pada artikel;

- Memahami Cara Kerja Transistor

Pada postingan yang akan datang Insya Allah akan kita bahas mengenai jenis MOS (Mosfet), yaitu jenis Transistor Mode Pengosongan (Transistor Mode Depletion) dan Transistor Mode peningkatan (Transistor Mode Enhancement). Namun kini kita akan melanjutkan bahasan inti Belajar Teori Dasar Mosfet dan Cara Kerjanya

Ketika kita sudah mengetahui cara kerja transistor Mosfet pada link diatas, maka kita akan melihat gambaran bagaimana mosfet bekerja saat mosfet berfungsi sebagai saklar pada kehidupan nyata yang ada disekitar kita. Kita contohkan saja pada sebuah alarm kebakaran yang kita pasang dirumah.

Mosfet dan Alarm

Alarm berbasis panas ini bekerja ketika termistor yang ada disirkuit menurunkan resistensi karena adanya peningkatan suhu. Awalnya pada suhu kamar, tegangan di gate rendah karena ketahan di termistor tinggi, tentunya ini tidak akan cukup untuk mengaktifkan mosfet.

Jika suhu meningkat maka resistensi termistor akan menurun. Dan ini akan menyebabkan tegangan di kaki gate menjadi tinggi yang kemudian mengaktifkan mosfet dan membunyikan alarm (bel). Mosfet membuka pintu ke memori dan prosesor digital.
Artikel Terkait
Endang Aep Saefulah
Radio and Electronics it's my life

Related Posts

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Baca lebih lanjut tentang Comment Policy
Buka Komentar

Post a comment