-->
fLWeAsNtTDyJ8LBwFzvbLJXLfZMxZVmQ7RFnAnMp
Menghitung Nilai Resistor menjadi satu kewajiban yang harus diketahui bagi para tukang serpis (tuser) elektronika. Inti dari sukses dan mahirnya seorang tuser tergantung sejauh mana dia bisa membaca value dari resistor, karena ini adalah inti atas dasar dari elektronika. Membaca komponen elektronika selain resistor memang sangat mudah karena tidak memerlukan simbol warna atau perhitungan dari kode warna tersebut. Sudah tertera dibagian badannya seperti elko, transistor atau IC.

Cara Praktis Menghitung Nilai (Value) Resistor Bag Ke 2

Menghitung nilai dari sebuah resistor axial telah kita bahas pada artikel sebelumnya, bagi anda yang mau belajar dari awal silahkan untuk membacanya terlebih dahulu di Cara Praktis Menghitung Nilai (Value) Resistor bagian pertama. Asal rajin obok-obok blog Rapi Serui ini anda saya jamin mahir untuk menjadi seorang tuser elektronika yang profesional. Lebih memudahkan anda mencari artikel tentang bahasan Tukang Serpis Elektronika klik saja Lebel Blog dengan tag Elektronika, Komponen atau Teori.

Membaca Resistor 4 Warna

Seperti telah disebutkan diatas bahwa menghitung resistor adalah inti yang harus dikuasai seorang pecinta elektronika maka hal ini dimungkinkan karena Resistor adalah bagian dari peranangan sebuah sirkuit yang mampu mengontrol tegangan atau arus listrik pada titik tertentu. Dalam menghitung nilai resistor ini hal pertama yang harus anda ketahui adalah sisi gelang emas/perak (gelang ke 4), yang tentunya sisi warna ini akan memberikan nilai band toleransinya.

Dengan mengetahui letak atau sisi gelang ke-4 dari sebuah resistor ini akan memudahkan kita untuk mementukan sisi gelang pertama, kedua dan ketiga. Kerena perhitungan nilai resistor dimulai dari gelang pertama dan diakhiri dengan gelang keempat. Contohnya sebagai berikut dibawah ini;

Gelang ke 1 Coklat
Gelang ke 2 Hitam
Gelang ke 3 Hitam
Gelang ke 4 Emas

Warna Coklat mempunyai nilai 1, warna kedua adalah hitam yang nilainya adalah 0, warna ketiga juga hitam yang tentunya mempunya nilai yang sama dengan gelang warna kedua yakni 0. Sedangkan warna keempat adalah Emas yang berarti mempunyai nilai toleransi 5%.. Kalau kita gabungkan dari sebuah nilai resistor diatas adalah 10 x 1 = 10 Ohm dengan toleransi kurang lebih 5 persen.

Saya punya Kalkulator Resistor 4 Warna yang akan menentukan nilai sebuah yang anda punya. Anda tinggal meng-klik kolom warna pertama, kedua, ketiga dan keempat. Selanjutnya anda akan mendaptkan nilai yang diinginkan anda. Silahkan anda buka Tool Kalkulator Resistor 4 Warna ini pada halaman Resistor Color Code Calculator berikut.
Artikel Terkait
Endang Aep Saefulah
Radio and Electronics it's my life

Related Posts

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Baca lebih lanjut tentang Comment Policy
Buka Komentar

Post a comment