-->
fLWeAsNtTDyJ8LBwFzvbLJXLfZMxZVmQ7RFnAnMp
Mungkin di suatu daerah tertentu Inverter tak begitu diperlukan, namun di kota kecil Serui ini Inverter menjadi kebutuhan yang dianggap penting ketika pemadaman listrik menjadi hal yang rutin. Tidak hanya untuk kebutuhan dirumah, namun sebagaian besar nelayan yang biasa melaut memerlukan inverter ini untuk kebutuhan kelistrikan pada perahunya.
Mengenal Inverter Lebih Dekat
Inverter mempunyai peran penting pada dunia teknologi modern, hal ini bukan hanya karena alasan diatas namun ada sebab lain yang membuat kehadiarannya begitu sangat dibutuhkan. Pada pengoperasian tenaga listrik alternatif Sel Surya misalnya, inverter menjadi barang yang "wajib" dipunyai. Hingga pada mobil listrik, inverter ini menduduki peranan yang sangat vital. Coba anda teliti lagi penggunaan inverter ini pada Prinsip Kerja Sel Surya di artikel terdahulu.

Pengertian Inverter
Inverter atau seringkali disebut dengan Power Inverter, adalah merupakan konverter daya listrik yang mengubah arus searah DC menjadi arus AC (Alternating Current). Hal ini karena arus AC dapat dikonversi pada setiap tegangan yang diperlukan dan frekuensi dengan penggunaan transformator, switching, dan kontrol rangkaian yang tepat.

Inverter mengubah daya DC menjadi daya AC, inverter digunakan juga sebagai supply daya bebas yang kuat, kontrol mesin listrik dan filter daya aktif. Lalu apa itu daya DC dan daya AC ? Lebih lengkap telah saya bahas pada postingan terdahulu, silahkan anda baca pada Pengertian AC dan DC. Pada artikel mengenal Inverter lebih dekat ini akan kita bahas Cara Mendapatkan Output Tenaga Listrik AC dari input daya DC secara lengkap.
Prinsip Kerja Inverter
Arus bolak balik secara berkala membalikan arahnya, atas alasan inilah nilai rata-rata arus bolak balik selama satu siklus akan menjadi nol (0). Produksi gelombang sinus akan kita bahas pada akhir bahasan. Kali ini kita akan membahasnya terlebih dahulu tentang cara Inverter tipe lama dalam menghasilkan gelombang kotak sederhana.

Next .... >>> Bagian 2
Artikel Terkait
Endang Aep Saefulah
Radio and Electronics it's my life

Related Posts

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Baca lebih lanjut tentang Comment Policy
Buka Komentar

Post a comment